Sampaikanlah walau satu ayat Al-Qur'an Online

Selasa, 24 Maret 2009

Calon Legislatif (Caleg) Pasca Pemilu 2009



Setelah Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta mengantisipasi peningkatan kasus gangguan jiwa, terutama yang berpotensi terjadi di kalangan calon legislatif yang tidak terpilih sebagai wakil rakyat - giliran RSJ Dr Soerojo, Kota Magelang mempersiapkan delapan ruangan VIP untuk masyarakat khususnya mantan calon anggota legislatif (caleg) yang terkena gangguan jiwa, akibat gagal menjadi anggota Dewan.

Nah bagaimana nasib 395 caleg kabupaten Klaten yang tidak memperoleh kursi Dewan karena hanya tersedia lowongan kursi 50 buah saja?


Gangguan jiwa terjadi karena seseorang tidak bisa menerima kenyataan. Para caleg ini sudah mengeluarkan uang banyak, waktu, dan tenaga. Pada kenyataannya, tidak semua mendapat kursi di DPRD atau DPR. Dari ratusan caleg, hanya 40 orang yang akan masuk DPRD Solo, misalnya. "Nah, mereka yang tidak bisa menerima kenyataan ini berpotensi terkena gangguan jiwa, mulai dari yang ringan, sampai berat. Terhadap kemungkinan itu, kami siap menampung dan merawat," kata Sigit.

Selain keberadaan tim khusus, pihaknya dalam waktu dekat juga akan meluncurkan bangsal VIP yang berkapasitas sembilan tempat tidur. Bangsal ini memberi fasilitas ruangan dan privasi lebih ketimbang bangsal biasa. Pasien mampu menjadi target dari bangsal VIP ini, termasuk para caleg yang kebanyakan berlatar belakang ekonomi menengah ke atas.

"Mereka yang tidak ingin campur dengan pasien lain nanti bisa memilih bangsal VIP karena satu kamar untuk satu pasien dan ada tempat tidur untuk yang menunggui," katanya.

Pihaknya juga akan meluncurkan poliklinik eksekutif yang juga memberi pelayanan dan privasi lebih. Pasien tidak perlu bolak-balik ke apotik dan letaknya pun di bagian depan rumah sakit sehingga tidak perlu berjalan jauh ke kawasan dalam rumah sakit. Poliklinik ini juga menyasar pasien dari kalangan mampu.
sumber:
http://regional.kompas.com/read/xml/2009/03/19/18314022/rsj.surakarta.antisipasi.caleg.stres
Kota Magelang

”Memang kami tidak secara khusus mempersiapkan, tapi di RSJ mempunyai delapan ruangan VIP yang siap menampung bagi warga yang terkena gangguan jiwa pascapemilu,” kata Kasubag Hukum, Organisasi dan Hu-mas RSJ Dr Soerojo Magelang, Syaiful kepada Wawasan, Senin (23/3).

Menurutnya, ruangan VIP yang harganya Rp 85.000 per hari untuk rawat inap, memang untuk masyarakat kelas menengah atas, karena harga itu belum termasuk jasa dokter, obat dan lainnya. Selain itu, RSJ juga menyediakan ruangan kelas biasa.
sumber:
http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=29703&Itemid=33