Sampaikanlah walau satu ayat Al-Qur'an Online

Selasa, 24 Maret 2009

Pelanggaran Warnai Kampanye PMB Klaten


Klaten, (espos(spos) - Kampanye Partai Matahari Bangsa Klaten di Lapangan Kradenan Kecamatan Trucuk, Klaten, pada hari keenam masa kampanye terbuka, Senin (23/3), diwarnai berbagai pelanggaran aturan.


Berdasarkan pengamatan Espos di Lapangan Kradenan, Senin kemarin, aksi yang diikuti ratusan pendukung PMB dari sejumlah kecamatan seperti Trucuk, Cawas, Bayat, Pedan dan Karangdowo, tampak melibatkan anak-anak dan remaja yang usianya ditaksir belum memiliki hak suara (pilih). Bahkan beberapa anak terhitung masih ngempeng atau masih di bawah umur tujuh tahun.
Anak-anak itu diikutkan dalam kampanye mulai saat dilangsungkan orasi politik oleh para calon legislatif (Caleg) sekitar pukul 10.45 WIB, hingga konvoi kendaraan bermotor. Parahnya lagi, sebagian besar peserta konvoi termasuk anak-anak tidak mengenakan helm.

Jalur konvoi kendaraan tersebut dimulai dari Lapangan Kradenan menuju Kecamatan Pedan-Juwiring-Delanggu melalui Terminal Penggung-Jatinom dan berakhir di GOR Gelar Sena Klaten. Konvoi kendaraan tersebut juga menggunakan mobil bak terbuka jenis pikap guna mengangkut para simpatisan.

Dugaan jenis pelanggaran lainnya yakni knalpot kendaraan yang tidak sesuai standar sehingga menimbulkan bunyi bising yang memekakkan telinga. Sepanjang konvoi, sebagian peserta juga memenuhi badan jalan sehingga mengganggu sesama pengguna jalan dari jalur berlawanan. Guna mengamankan jalannya kampanye, puluhan aparat Polres Klaten melakukan pengawalan utamanya sepanjang konvoi berlangsung.

”Mengenai pelanggaran para pendukung PMB, jauh-jauh hari kami telah sampaikan supaya tertib. Namun pada praktiknya lantaran jumlah peserta banyak sekali kami tidak bisa pastikan mereka tidak melakukan pelanggaran,” ujar Caleg DPRD Klaten, Suharjanto saat ditemui Espos. - Oleh : kur/haa

(sumber: http://www.solopos.co.id:81/zindex_menu.asp?kodehalaman=h32&id=265689)

Tidak ada komentar: