Sampaikanlah walau satu ayat Al-Qur'an Online

Sabtu, 18 April 2009

Evaluasi Hasil Pemilu di Dapil V Klaten



Tabel di atas adalah cuplikan dari Hasil Pleno KPUD Kabupaten Klaten tanggal 17 April 2009 tentang Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten/ Kota Klaten.

Tabel 1. Rekapitulasi Perolehan Suara PAN, PKS pada Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 ditambah dengan suara PMB.

Tabel 2. Estimasi Pergeseran Suara Pemilih (konstituen) masing-masing partai (PAN, PKS & PMB) di Daerah Pemilihan V Klaten (Pedan, Trucuk, Cawas, Karangdowo dan Bayat) antara Pemilu 2004 dengan Pemilu 2009.

Bagi PAN, partai ini mengalami penurunan jumlah pemilih yang signifikan hampir di seluruh kecamatan di Dapil V Klaten kecuali Karangdowo yang notabene terdapat calegnya. Suara sebesar 7503 milik PAN ini tergerus oleh partai politik peserta pemilu 2009 lainnya. Sementara untuk PKS - hanya di kecamatan Pedan dan Cawas saja yang mengalami penggerusan suara pemilih yaitu sebesar 182 suara, sedang di 3 kecamatan lainnya mengalami kenaikan yang boleh dibilang tidak terlalu signifikan.

Jika PAN berargumentasi bahwa suara mereka tergerus oleh PMB, hal itu tidaklah benar sepenuhnya. Partai berlogokan Matahari Merah hanya dapat menunjukkan keperkasannya di daerah pemilihan V Klaten khususnya di kecamatan Trucuk yang memang merupakan daerah asal calegnya, sedang untuk dapil lainnya dibawah standar.

Dengan Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2009 ini, semoga semua partai dapat memetik hikmahnya serta melakukan koreksi internal partai - apakah ke depan partai dapat tetap eksis mempertahankan keberadaannya, baik secara orgasisatoris maupun struktural partai. Hal ini dipandang perlu sebagai acuan koalisi antar partai - karena tidak begitu lama lagi, kabupaten Klaten bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah.

Tidak ada komentar: