Sampaikanlah walau satu ayat Al-Qur'an Online

Jumat, 02 Januari 2009

Bawaslu: Demo Serangan Gaza ditunggangi Parpol Tertentu?


Sesuai jadwal kampanye, saat ini partai politik belum boleh menggelar rapat akbar/ umum atau kampanye terbuka. "Itu baru boleh dilaksanakan pada 16 Maret hingga 5 April 2009" Tegas Ketua Bawaslu, Hidayat Nur Sardini.

Jika parpol tersebut mengajak khalayak dengan cara menawarkan visi-misi program peserta pemilu termasuk mengajak dan memilih orang atau partai tertentu. "Kalau dia (parpol - red) masuk ke situ, bisa disebut kampanye. Perlu ada saksi dan alat bukti, termasuk rekaman kegiatan tersebut," tandasnya.



Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan meneliti, apakah demonstrasi besar-besaran yang digelar PKS mengecam serangan Israel ke Palestina sebagai bentuk kampanye terselubung.

"Saya akan pelajari. Apakah ini masuk kategori pemilu atau tidak. Tentu saya harus tahu, jadwal KPU DKI Jakarta, karena ini area Jakarta. Kami mengecek soal metode kampanye, apakah metode, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, atau cenderung rapat umum," kata Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (2/1).

Kampanye yang saat ini diperbolehkan, lanjut Hidayat, hanya pertemuan terbatas dan tatap muka, media cetak dan elektronik, pemasangan alat peraga, penyebaran bahan kampanye di depan umum, dan kegiatan lain yang tidak melanggar kampanye dan UU yang lain.

"Kalau kampanye metode umum belum boleh. Kami akan sesuaikan dengan peraturannya," imbuhnya.

Berdasarkan definisi kampanye dalam Peraturan KPU No 19 tahun 2008, Hidayat meneyebutkan, kampanye adalah kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi-misi dan program peserta pemilu, termasuk mengajak dan memilih orang atau partai tertentu.

"Apakah PKS mengajak khalayak dengan cara menawarkan visi-misi program peserta pemilu termasuk mengajak dan memilih orang atau partai tertentu. Kalau PKS masuk ke situ, bisa disebut kampanye. Perlu ada saksi dan alat bukti, termasuk rekaman kegiatan tersebut," tandasnya.

(sumber:http://inilah.com/berita/politik/2009/01/02/72910/bawaslu-akan-bahas-demo-pks/)

1 komentar:

sahrawardi mengatakan...

Ass Wr Wb,..

saya yakin,.. pada demo PKS mendukung palestine dan menentang agresi militer israel.. tdk ada kampanye politik.. yg dalam artian penyampaian visi dan misi partai PKS.. karena, peserta adalah simpatisan partai,.. berarti sdh paham akan visi dan misinya,.. kedua isu sentral demo bukan partainya tapi solidaritas untuk palestine... PKS adalah partai yg berani timbul dan action untuk permasalahan ini,.. partai yang islam lain,.. sedih saya, kalao hanya politic will,.. tidak ada action,.. hidup PKS,.. ditunggu action dati rekans PMB,.. !!!